Tidak bisa dipungkiri kamera mirrorless saat ini memang sedang menjadi trend untuk kalangan anak muda. Apalagi bagi Anda yang doyan aktivitas video blogger atau vlog. Namanya saja anak muda kadang ingin cepat punya kamera dan asal dalam membeli sehingga akhirnya akan menyesal. Nah untuk mengantisipasinya, gunakan tips memilih kamera untuk vlog berikut ini.

  1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Kebutuhan adalah prinsip pertama yang harus diperhatikan ketika memilih kamera. Anda bisa menanyakan pada diri sendiri terlebih dahulu, apa sih sebenarnya tujuan membeli kamera jenis mirrorless seperti aktivitas vlog, memotret pemandangan, dan mengambil gambar gaya OOTD. Jika tujuannya untuk aktivitas vlog, maka sesuaikan kualitas kamera dengan kebutuhan tersebut.

Pada dasarnya masing-masing kamera memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, bagi pemula sebaiknya Anda membeli kamera yang langsung dengan paket lensanya. Sebab pada masa ini Anda perlu banyak belajar dan paket lensa. Paket lensa ini akan semakin memudahkan Anda untuk memilih jenis lensa yang paling cocok dengan kebutuhan.

  1. Murah Tapi Berkualitas

Kamera mirrorless kali ini adalah kamera vlog pertama bagi Anda. Ya, meskipun ada cukup dana, sebaiknya beli kamera yang murah terlebih dahulu namun tetap berkualitas. Tujuannya adalah apabila tiba-tiba minat Anda menggunakan kamera untuk aktivitas vlog berkurang atau justru sirna semuanya tidak akan menjadi sia-sia dan menyesal dengan harganya.

  1. Sesuaikan Sensor Kamera dengan Kebutuhan

Jika Anda sudah menentukan kebutuhan atau tujuan dari pembelian kamera maka langkah selanjutnya yaitu memperhatikan soal sensor lensanya. Mengapa hal semacam ini begitu penting untuk dilakukan? Sebab beda sensor yang digunakan akan berpengaruh pada hasil gambar. Pada umumnya pada kamera mirrorless ada tiga jenis sensor yaitu full frame, four thirds dan APS-C.

Semua sensor tersebut memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Anda bisa memilih sensor full frame untuk mendapatkan hasil yang lebih jernih. Sensor ini sudah dipercaya sangat baik untuk menangkap cahaya, sehingga hasil foto pun menjadi lebih berkualitas dan terlihat jernih.

  1. Pastikan Kualitas Rekaman Bagus

Kamera yang Anda beli saat ini merupakan kamera untuk vlog. Oleh sebab itu, sudah menjadi hal wajib jika Anda memperhatikan kualitas dari rekaman yang dihasilkan. Hal paling mudah agar Anda tahu bahwasanya kamera tersebut memiliki kualitas bagus atau tidak adalah dengan melihat pada bagian autofocus-nya.

Fitur ini sangat vital untuk kamera vlog. Anda bisa membayangkan apabila fitur satu ini jelek maka saat digunakan kemungkinan besar akan susah untuk fokus, sehingga hasilnya kurang maksimal. Selain fitur autofocus Anda juga perlu memperhatikan layar LCD. Pilih LCD yang mudah diputar ke depan dan belakang agar aktivitas nge-vlog Anda akan semakin mudah.

  1. Baterai yang Tahan Lama

Aktivitas vlog biasanya akan merekam semua kegiatan yang Anda lakukan selama seharian penuh. Sehingga untuk mendukungnya Anda perlu memilih kamera vlog yang disemati baterai berkapasitas besar. Kini Anda bisa merekam berbagai macam aktivitas tanpa takut lagi akan kehabisan baterai.

Meskipun begitu biasanya harga untuk kamera ini jauh lebih mahal dibandingkan lainnya. Namun, hal ini tidak akan menjadi masalah bagi Anda asalkan hasil yang diharapkan bisa sesuai dengan keinginan.

Bagaimana cukup mudah bukan memilih kamera untuk vlog jenis mirrorless bagi pemula? Beberapa hal di atas akan membantu Anda mendapatkan jenis kamera yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa mendapatkan kamera mirrorless paling berkualitas dengan kisaran harga murah hanya di blibli.com. Langsung saja cek dan buktikan sendiri!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *