Tren smartphone berbingkai tipis alias bezel-less dengan rasio tampilan 18:9 ikut mengubah cara navigasi antarmuka. Tak ada lagi tombol fisik, bahkan tombol virtual pun mulai ditinggalkan, kontrol gestur pun jadi alternatif. Saat ini mulai banyak perangkat yang memanfaatkan kontrol gestur untuk navigasi. Cara ini pertama kali diperkenalkan Apple melalui lini iPhone X, lantas lama-lama semakin menjamur.

Xiaomi telah menerapkan kontrol gestur tersebut pada lini Redmi 5 Plus dan Mi Mix 2. Yang teranyar, Xiaomi juga memboyongnya untuk Redmi Note 5 Pro. Hal ini berkat pembaruan software MIUI 9.5 yang masih dalam bentuk beta. Untuk sementara hanya sebagian orang yang mengikuti program beta yang bisa menjajalnya. Baca juga: Resmi, Redmi Note 5 dan Note 5 Pro Berkamera Ganda dan Layar 18:9 Software itu belum stabil dan masih perlu banyak perbaikan.

Kendati demikian, dukungan untuk sistem navigasi berbasis gestur sepertinya sudah cukup matang, dari Gizmochina. Ada tiga gestur dasar yang disediakan pada pembaruan MIUI 9.5. Pertama, pengguna bisa menyapu layar dari sisi bawah layar ke atas layar (swipe up) untuk mengakses “Home” dari aplikasi atau menu lain.

Pengguna juga bisa swipe up hingga ke tengah layar untuk membuka daftar aplikasi yang sedang dibuka (recent apps). Terakhir, pengguna bisa menyapu dari sisi samping kiri atau kanan layar bagian tengah (swipe left/swipe right) jika ingin kembali alias “Back”. Belum jelas gestur-gestur apa lagi yang bisa dimungkinkan oleh pembaruan MIUI 9.5. Tak diketahui pula apakah pembaruan ini khusus untuk Redmi Note 5 Pro, atau akan menyebar luas ke seluruh perangkat Xiaomi. Kita tunggu saja seperti apa sistem navigasi berbasis gestur tersebut ketika MIUI 9.5 diluncurkan resmi untuk publik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *