Saat ini memang sudah banyak dikembangkan perumahan siap huni. Namun, sayangnya kadang ukurannya yang tidak besar membuat orang malas membelinya. Sebagian orang lebih memilih membuat rumah sendiri dari awal agar bisa mendesain bentuknya sesuai keinginan dan kebutuhan masing-masing.

Namun, perlu Anda tahu. Membangun rumah sendiri itu bukanlah sebuah perkara yang mudah. Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan dan jumlah dana untuk membangunnya pun tidak sedikit. Padahal, Anda juga masih memiliki kebutuhan lainnya. Tapi tenang, Anda tetap bisa menghemat biaya saat membangun rumah sendiri dari awal. Bagaimana caranya?

  1. Buat Perencanaan Pembangunan Rumah

Sebagai langkah awal membangun rumah, sebaiknya Anda membuat perencanaan pembangunan rumah misalnya saja untuk target selesainya ataupun ukuran dan dana. Hal ini fungsinya sangat besar. Salah satunya untuk mengendalikan atau mencegah kemungkinan terjadinya penyimpangan selama proses pembangunan berlangsung.

Jika pembangunan yang berlangsung meleset dari rencana, otomatis biaya yang harus Anda keluarkan lebih banyak. Salah satunya adalah Anda harus membayar biaya tukang bangunan lebih banyak. Oleh sebab itu, pilihlah pemborong profesional yang bisa membantu Anda untuk merencanakan pembangunan rumah Anda sedari awal dengan baik.

  1. Gunakan Tipe Minimalis

Memang, rumah di perumahan biasanya menggunakan tipe minimalis. Tapi kenapa Anda malas membelinya dan malah ingin membangun sendiri? Alasannya tentu saja karena Anda bisa memilih desain sendiri. Rumah yang memiliki tipe minimalis dinilai lebih efisien dalam penggunaan bahan bangunan namun begitu masih terlihat elegan dan modern serta mewah.

Anda memang bisa menemukan keeleganan dan modern dari rumah di perumahan, namun Anda hanya bisa menerima seadanya. Misalnya saja tidak ada lahan untuk bercocok tanam di samping di rumah atau teras yang sangat kecil. Hal ini tidak sesuai dengan keinginan. Meski kadang biaya yang harus dikeluarkan lebih besar, membangun sendiri dianggap lebih baik.

  1. Lakukan Riset Harga Bahan

Sekarang ini, harga bahan bangunan semakin tinggi. Ini adalah hal yang perlu Anda pertimbangkan dengan matang. Tak sedikit orang yang menunda untuk membangun rumah karena harga bahan bangunan yang kelewat tinggi. Untuk menyiasatinya, sering-seringlah melakukan riset harga.

Jangan malu untuk keluar masuk toko bangunan untuk menanyakan harga bahan yang Anda butuhkan untuk membangun rumah seperti bata, besi, semen dan pasir. Bandingkanlah harga bahan dari satu toko dengan toko lainnya agar Anda mendapatkan bahan bangunan yang murah namun kualitasnya tetap baik.

  1. Buat Ruangan Multifungsi

Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk menghemat dana saat melakukan pembangunan rumah adalah membuat ruangan yang multifungsi. Rumah yang memiliki banyak ruangan cenderung akan memakan lebih banyak biaya. Sebab, mereka membutuhkan bahan bangunan yang lebih banyak.

Untuk menghemat ini, Anda bisa membuat ruangan yang fungsinya lebih dari satu. Misalnya saja ruang tamu yang bisa dijadikan ruang keluarga. Dapur yang disatukan dengan ruang makan dan lainnya. Pembuatan ruangan multifungsi seperti ini akan lebih menghemat anggaran biaya yang harus Anda keluarkan saat membangun rumah sendiri dari awal.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat membuat rumah agar dana yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Tak masalah ukurannya kecil, yang penting itu sesuai dengan kebutuhan Anda, kan? Asal Anda dan keluarga nyaman tinggal di dalamnya, hal ini pasti akan lebih membahagiakan seluruh anggota keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *